Senin, 08 April 2013

'Mursala': Saat Cinta Terhalang Hukum Adat


Jakarta - Film berlatar adat Batak berjudul 'Mursala' tak lama lagi akan hadir di bioskop Indonesia. Film yang dibintangi oleh Rio Dewanto dan Titi Rajo Bintang ini akan tayang pada 18 April mendatang.

Film ini bercerita tentang remaja berdarah Batak, Anggiat (Rio Dewanto) seorang pengacara yang berpacaran dengan Clarisa (Anna L Sinaga), jurnalis cantik dari akarta yang juga keturunan Batak. Keduanya berencana menikah dalam waktu dekat.

Tapi ternyata, jalan Anggiat untuk meminang kekasihnya itu tidaklah mulus. Ada hukum adat yang melarang keduanya untuk menikah karena marga yang masih satu keluarga.

Anggiat tak ingin putus asa. Dirinya berniat untuk melanjutkan hubungannya dengan Clarisa. Tapi tidak dengan Clarisa yang lebih memilih melanjutkan studi ke luar negeri dan meninggalkan Anggiat. Clarisa tidak ingin keluarga pacarnya itu malah bertikai karena Anggiat menikah dengannya.

Sebabnya, orangtua Anggiat justru lebih suka jika anaknya menikah dengan Uli (Titi Raja Bintang), teman kecil Anggiat yang menjadi relawan terumbu karang di Pulau Mursala, Sumatera. Begitu juga dengan Sahat (Mongol), sahabat Anggiat dan Uli yang juga ingin kedua sahabatnya itu menikah.

Di tengah usaha Uli memberikan pengarahan tentang bahaya kerusakan terumbu karang kepada nelayan setempat, muncul konflik sehingga Uli harus berurusan dengan hukum. Melihat sahabatnya memiliki masalah, Anggiat bersedia menjadi pengacara untuk Uli.

Akankah benih-benih cinta timbul di antara keduanya?

'Mursala' disutradarai oleh Viva Westi di bawah bendera Rajs Production. Film ini mengangkat cerita budaya Batak tentang 70 marga yang berbeda dan tidak boleh menikah hingga kini. Keindahan panorama Tapanuli Tengah, Sumatera Utara juga ditampilkan di film tersebut.

(ich/mmu)


Via: 'Mursala': Saat Cinta Terhalang Hukum Adat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar